BREAKING NEWS

Jum’at Ceria TK Tahfizh: Mencari jejak huruf hijaiyah

Jum’at Ceria TK Tahfizh: Mencari jejak huruf hijaiyah
27 Feb
8:18

Mencari jejak huruf hijaiyah

Tema                     : Alam Semesta

Sub Tema            : Pengenalan dan pemeliharaan lingkungan, melihat kehidupan warga perkotaan.

Pelaksana            : Centra Tahfizhul Qur’an   Tujuan               :

  1. Untuk memperkuat pengetahuan siswa/i dalam mengidentifikasi huruf hijaiyah
  2. Mengenalkan siswa/i kepada lingkungan RT 04/07
  3. Untuk menanamkan budaya salam dan tegur sapa dengan orang yang dijumpai
  4. Mengenalkan permainan tradisional dari pelepah pisang
  5. Mengenalkan jalur selokan air yang menampung air dari RW.07

Manfaat:

  1.  Peserta mampu dengan jelas, mengetahui jumlah huruf-huruf hijaiyah, baik bentuk maupun lafazh-nya
  2. Peserta mengetahui kondisi lingkungan sekolah seperti mushalla, rumah pak RT, rumah pak lurah dan fasilitas umum di lingkungan RT 04/07 Sukmajaya-Depok
  3. Peserta mengaplikasikan adab salam bila berjumpa, menghargai pengguna jalan dan berziyaroh dengan lingkungan warga sekitar (salah satunya adalah guru TK yang di RT.04)
  4. Peserta mengetahui salah satu manfaat pelepah pisang untuk membuat kuda-kudaan dan senapan mainan.
  5. Peserta mengenal sistem kerja sama dan leadership dalam team.
  6. Peserta mengetahui fungsi selokan air dan bagaimana memeliharanya.

Metode: Metode yang digunakan dalam outing ini adalah seperti kegiatan mencari jejak. Misi utamanya adalah peserta diminta untuk mengetahui huruf hijaiyyah apa yang tidak terpasang sepanjang jalur penelusuran (rute) yang ditentukan. Rute yang dilalui adalah lingkungan RT.04/07 kelurahan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Panjang rute sekitar 1 km dan menempuh waktu sekitar 1 jam.   Uraian kegiatannya adalah:

  1. Peserta akan dibagi ke dalam 3 kelompok dari berbagai level (PG-A-B), dengan jumlah anggota 5-7 orang dalam 1 team.
  2. Kegiatan akan dimulai dengan persiapan perbekalan dan pengarahan misi team (termasuk di dalamnya adalah pemilihan ketua team dan formasi team)
  3. Persiapan awal dimulai dengan pembuatan senapan dan kuda mainan yang berasal dari pelepah pisang (lihat gambar). Dalam hal ini, peserta nanti hanya merakit dan dipandu oleh 1 orang guru pendamping team.
  4. Setelah poin 3 itu, peserta kemudian akan dipandu untuk melakukan peregangan otot.
  5. Peserta pertama akan masuk pada pos 1 (di sekolah, di pojok tempat tunggu ortu/wali) dengan materi membaca doa perjalanan, doa berhenti disuatu tempat, doa masuk dan keluar masjid. pada pos 1 ini, di jaga oleh 1 org petugas yang kemudian dibantu oleh guru pendamping, menjelaskan kembali adab-abad yang harus dilaksanakan oleh peserta, seperti patuh pada pemimpin, tidak merusak tanaman atau fasilitas umum, teratur dalam barisan dan jika bertemu warga yg berjalan atau di depan rumah, agar menyapa dan memberi salam.
  6. Selama perjalanan, dipandu oleh guru pendamping, peserta mencari huruf-huruf hijaiyah yang telah diletakan sepanjang jalan. Nah, guru pendaping bertugas mencatat huruf-huruf yang ditemukan oleh peserta.
  7. Perjalanan dari pos 1 menuju ke pos 2 yang terletak di mushalla RT.04. Nah, di moshalla ini nanti, peserta diminta berwudhu, sholat dhuha dan murojaah secara bersama-sama, di dampingi oleh guru pendamping. Pada pos 2 ini nanti, diletakan semacam kertas yang sifatnya menjadi password untuk melewati pos 2, yakni berisi surat-surat yang harus dibaca peserta.
  8. Dalam perjalanan pulang, peserta juga diminta mampir ke rumah gurunya yang ada di RT. 04, untuk rehat menikmati snack dan minum sebelum melanjutkan pencarian jejak dan kembali ke sekolah.

Foto-foto kegiatan PG-TK Islam Tahfizh Cahaya Qur’an bisa dilihat di link ini link-cq2 Membuat Senapan Pelepah Pisang TK Tahfizh Cahaya Qur'an-Jumat Ceria

« »